Bagaimanakah Cara Orang Kristen Memberi pada Pengemis?
Sumber: pexels.com

Kata Alkitab / 15 July 2023

Kalangan Sendiri

Bagaimanakah Cara Orang Kristen Memberi pada Pengemis?

Aprita L Ekanaru Official Writer
1740

Banyak pendapat yang berbeda mengenai cara membantu para pengemis dan peminta-minta. Beberapa orang memilih memberikan uang kepada mereka dan membiarkan mereka menentukan penggunaannya, entah untuk makanan, atau lainnya. Namun, ada juga yang lebih suka memberikan dalam bentuk barang atau sembako daripada uang, karena khawatir uang tersebut tidak akan digunakan dengan benar.

Apakah yang sebenarnya benar? Secara keagamaan, kita memang memiliki kewajiban untuk membantu orang miskin. Namun, apakah tanggung jawab kita berhenti pada memberi saja? 

 

BACA JUGA: Kisah Nyata Pria yang Bakar Kakinya Demi Mengemis

 

Sebagian orang memilih memberikan tumpangan ke tempat penampungan terdekat atau menyumbangkan uang langsung ke tempat penampungan. Dengan mendukung tempat penampungan ini, kita dapat membantu orang miskin yang berpotensi menjadi pengemis di jalanan. Jika gereja setempat memiliki "bank makanan," kita dapat berkontribusi di sana dan mengarahkan para pengemis untuk mendapatkan bantuan di sana.

Pendekatan ini mungkin merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa mendorong mereka melakukan dosa. "Bank makanan" gereja juga memberikan kesempatan untuk menyampaikan Injil kepada mereka yang membutuhkan. Allah memerintahkan orang Kristen untuk membantu orang miskin, dan Dia akan memberkati kita saat melakukannya. 

Seperti yang diungkapkan Daud dalam Mazmur 41:1-2"Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan melindunginya di saat kesusahan. TUHAN akan menjaga dan memeliharanya, sehingga ia dipanggil berbahagia di dunia; Engkau tidak akan menyerahkan dia kepada keinginan musuhnya!" Membantu orang miskin, termasuk para pengemis di jalanan, adalah tindakan yang benar. Setiap orang Kristen memiliki tanggung jawab untuk membantu mereka, karena itulah yang diperintahkan oleh Allah. Tidak lupa, kita juga perlu berdoa bagi mereka yang kurang beruntung ini. 

 

BACA JUGA: Bagaimana Hidup Bermurah Hati? Perhatikan 3 Cara Ini...

 

Dalam iman Kristen, sedekah sendiri dapat diartikan sebagai bentuk nyata dari iman yang ditunjukkan melalui tindakan baik kepada sesama tanpa mengharapkan imbalan, termasuk penghargaan dari Tuhan. Sebaliknya, sedekah diberikan karena Tuhan telah memberikan anugerah terbesar dalam hidup kita, yaitu Yesus Kristus, Anak-Nya yang tunggal. Oleh karena itu, sedekah adalah ungkapan kasih yang dirasakan oleh seseorang yang telah menerima penebusan dari Kristus. Sebagai wujud cinta dan rasa syukur kepada Tuhan, sedekah merupakan cara untuk menyatakan pengabdian kepada-Nya dan kasih terhadap sesama.


BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami